Profile photo for kaibang

Kevin Bang

Jakarta, Indonesia

Cara Memasang Wallpaper Dinding di Rumah Sendiri

Wallpaper dinding merupakan salah satu pilihan material finishing dinding favorit karena memiliki variasi pola, warna, dan jenis yang sangat beragam. Selain itu, cara memasang wallpaper dinding juga relatif mudah dan praktis.

Meskipun begitu, masih banyak yang memilih jasa renovasi atau tukang bangunan dari kontraktor karena ragu dengan hasil akhir jika melakukannya sendiri. Padahal, jika anda menggunakan tukang maka biaya akan membengkak dan akan memberatkan anda jika ingin berhemat. Ikuti saja panduan singkat ini mengenai rangkaian cara memasang wallpaper dinding berikut.

1. Hitung kebutuhan material dan persiapkan perkakas
Hal yang anda perlu pertimbangkan pertama kali adalah menyiapkan material dan perkakas yang diperlukan. Pilih pola wallpaper sesuai dengan keinginan anda, siapkan lem dan alat pertukangan seperti tangga, alas berbahan plastik, cutter, pensil, alat ukur atau meteran, penggaris, spons, kuas untuk lem, roller, dan ember tukang untuk lem.

2. Bersihkan Permukaan Dinding Rumah
Jangan lupa untuk membersihkan permukaan dinding agar wallpaper dapat menempel dengan kuat dan benar. Lalu pastikan dinding tidak rembes, tambal lubang, lalu tunggu dinding hingga kering sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Atur Posisi Wallpaper Menggunakan Garis Bantu
Agar memudahkan anda dalam mengatur posisi wallpaper dinding, buatlah garis bantu dari atas ke bawah agar wallpaper terpasang dengan rapi dan lurus. Manfaatkanlah benang dan pemberat yang digantung dari atas untuk menggambar garis bantu yang lurus dengan pensil.

4. Mulailah Menempel Wallpaper
Untuk lembaran pertama, potonglah wallpaper dengan panjang sesuai tinggi dinding rumah anda. Bentangkan di lantai yang telah dilapisi alas dan mulai kuas lem pada sisi belakang wallpaper. Diamkan sesaat lalu anda bisa memasang wallpaper dari sisi bawah ke atas agar sisa wallpaper akan berada di bagian atas dinding dan tidak terlihat.

Diperlukan ketelitian agar wallpaper terpasang dengan baik, pastikan tidak ada gelembung udara ketika memasang wallpaper pada dinding rumah, lalu tekan wallpaper ke dinding dengan penggaris agar benar-benar rapat dan ratakan wallpaper ketika sudah menempel dengan roller.

5. Pengecekan Akhir
Setelah semua bagian wallpaper terpasang dengan baik, langkah selanjutnya adalah membersihkan permukaan dari sisa-sisa lem. Lap permukaan wallpaper dengan spons yang agak lembab, lalu cek jika ada sisa gelembung udara dan anda bisa menggunakan roller sekali lagi untuk memastikan tidak ada gelembung udara pada wallpaper dinding.

Itulah beberapa langkah dalam memasang wallpaper dinding pada rumah anda, meskipun dibutuhkan kehati-hatian dan ketelitian, sangatlah mungkin untuk mengaplikasikan wallpaper pada ruangan sendiri tanpa memerlukan bantuan tukang.

Baca Juga : https://www.kompasiana.com/davidraka/5b6e9ca4bde5752d4271bbb3/fungsi-utama-dari-wallpaper-dinding
Moped photo for kaibang